Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF NU PAGUYANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci: Belajar PKn, metode Inkuiri
Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimana penggunaan metode inkuiri yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif PKn ?(b) Bagaimanakah peningkatan kreatifitas dan pemahaman siswa pada norma yang belaku di masyarakat? (c) Bagaimanakah respon siswa terhadap implementasi pembelajaran metode inkuiri ?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) untuk menemukan upaya meningkatkan prestasi hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP Ma’arif NU Paguyangan melalui penggunaan metode inkuiri. (b) untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman dan kreatifitas siswa. (c) untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi pembelajaran metode inkuiri siswa kelas VII SMP Ma’arif NU Paguyangan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran (siklus). Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelasVII D SMP Ma’arif NU Paguyangan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Data yang diperoleh berupa hasil tesformatif, lembar observasi aktifitas siswa dan angket repleksi terhadap pembelajaran.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,5%), siklus II (83,9%) dan siklus III (91%).
Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah implementasi metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa kelas VII SMP Ma’arif NU Paguyangan. Serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran yang dapat digunakan di kelas-kelas yang berbeda.
01211510008 | TOL u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain