Skripsi
IMPLEMENTASI PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP NILAI SOSIAL MELALUI MATA PELAJARAN PPKn KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN AJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Nilai Sosial, Pembelajaran, mata Pelajaran PPKn
PPKn merupakan mata pelajaran yang sarat isi dengan nilai-nilai sosial untuk membentuk kepribadian. PPKn tidak cukup hanya sampai pada penghafalan, melainkan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dalam bentuk perbuatan. Pemahaman peserta didik tentang nilai sosial sangat penting untuk membentuk kepribadian peserta didik. Jika pemahaman nilai sosial peserta didik rendah maka peserta didik tidak dapat mengimplementasikan dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan nilai sosial dalam kegiatan pembelajaran, penerapan nilai sosial dalam kegaitan pembelajaran dan faktor penghambat apa saja dalam mengimplementasikan nilai-nilai sosial.
Penelitian ini menggunakan metode kualittatif. Lokasi penelitian ini di SMK Negeri 1 Dukuhturi. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sample dengan responden yaitu guru PPKn dan peserta didik kelas X AK 2. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan Conclution Drawing/verification.
Hasil penelitian bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru selalu mempersiapkan diri dengan membuat silabus dan RPP. Perananan Pendidikan Kewarganegaraan untuk membentuk perilaku peserta didik untuk dapat mengimplementasikan nilai sosial seperti nilai kedisiplinan, kejujuran, demokrasi, religius dan nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari maupun di sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan nilai sosial yaitu siswa selalu menanamkan nilai kedisiplinan, kejujuran, demokratis, religius dan nasionalisme. Guru selalu menyisipkan nilai-nilai sosial dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai sosial yaitu faktor jam pelajaran yang terbatas, tingkat kecerdasan setiap anak, keluarga, pergaulan siswa baik di sekolah, tingkat afektif yang berbeda-beda.
Saran yang dapat diberikan adalah agar siswa selalu menerapkan nilai sosial. Guru agar bisa menggunakan waktu seoptimal dan intensitas pembelajaran di sekolah ditingkatkan.
01210500099 | ARI i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain