Skripsi
PENERAPAN NILAI NASIONALISME PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR (Study Kualitatif Rasionalistik Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Nilai Nasionalisme. Cinta Tanah Air
Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman dan penerapan nilai-nilai Nasionalisme pada diri seorang anak. Melihat pentingnya penanaman dan penerapan nilai-nilai Nasionalisme sebagai pembentukan karakter peserta didik dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air pada saat proses pembelajaran PKn lebih ditekankan pada keteladanan dan kebiasaan yang diajarkan oleh guru kepada anak didik.
Perumusan masalah penelitian ini bagaimana Penerapan Nilai Nasionalisme Pada Mata Pelajaran PKn Dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penerapan Nilai Nasionalisme Pada Mata Pelajaran PKn Dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik. Teori yang dicantumkan dalam penelitian ini bahwa didalam nilai-nilai Nasionalisme terdapat nilai cinta tanah air. Sedangkan pembentukan sikap Cinta Tanah air peserta didik haruslah sesuai dengan Nilai-nilai Nasionalisme.
Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling. Adapun penggunaaan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Jumlah populasi dalam penelitian adalah 159 dari 5 kelas XI dan 1 guru PKn. Fokus penelitian 6 respondren sebagai sample antara lain 1 guru PKn (G1) dan 5 peserta didik kelas XI (R1), (R2), (R3), (R4) dan (R5).
Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Nilai Nasionalisme Pada Mata Pelajaran PKn Dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Pada peserta didik sudah sangat baik. Terbukti dengan guru tidak hanya menasehati peserta didik tentang penerapan nilai-nilai Nasionalisme dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, tetapi guru juga mencontohkan dan mengajak peserta didik untuk berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Nasionalisme.
01210500050 | ABA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain