Skripsi
IMPLEMENTASI PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SISTEM DEMOKRASI INDONESIA DALAM MATA PELAJARAN PKN DI SMA N 1 KRAMAT KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Implementasi pemahaman demokrasi
Latar belakang pendidikan di Indonesia dapat mempersiapkan peserta didik atau siswa menjadi warga negara yang memiliki komitmen dan konsisten untuk mempertahankan negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu pendidikan perlu menyiapkan peserta didik memahami sistem demokrasi yang terjadi di masyarakat. Dengan demikian siswa diharapkan memiliki kemampuan bersikap dan berperilaku adaptif dalam menghadapi tantangan dan tuntutan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa dapat memahami tentang sistem demokrasi Indonesia dan memahami proses penerapan pemahaman sistem demokrasi Indonesia melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah 5 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu setiap kelas 1 anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data/penyajian data dan verivikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mempelajari demokrasi siswa dapat memahami dan mempraktekan dalam kegiatan organisasi yang ada disekolah. Selain itu siswa juga dapat menerapkan demokrasi dalam berbagai kegiatan.
Kesimpulan bahwa siswa mampu memiliki kemampuan bersikap dan berperilaku adaptif dalam menghadapi tantangan dan tuntutan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa sendiri harus menjadi tonggak dasar dalam penanaman sistem demokrasi sebagai generasi penerus bangsa karena mereka bertemu dengan berbagai macam pikiran-pikiran, watak, budaya, dan agama. Selain siswa sekolah juga merupakan sebagai lembag pendidikan yang memiliki peran utama dalam menumbuhkan sistem demokrasi.
Saran dari penelitian tersebut bahwa selain siswa, guru juga diharapkan mampu memberikan pengaruh yang positif kepada siswa dalam penanaman sistem demokrasi di sekolah. Dan seorang guru harus mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan sistem demokrasi Indonesia.
01210500042 | IND i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain