Skripsi
HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TENTANG PEMBERIAN TUGAS DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Hubungan, kompetensi pedagogik, prestasi belajar peserta didik, dan PKn
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik tentang pemberian tugas, prestasi belajar peserta didik, dan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Bhakti Praja Talang
Populasi penelitian seluruh peserta didik sebanyak 314 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling diperoleh sampel sebanyak 68 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik tergolong dalam kategori kompeten, hal ini terbukti dari hasil analisis deskripsi variabel X diperoleh persepsi peserta didik secara berturut-turut : sangat kompeten sebanyak 1,47%, kompeten sebanyak 7,35%, cukup kompeten sebanyak 27,94%, kurang kompeten sebanyak 22.06%, dan tidak kompeten sebanyak 4,41% . Sedangkan mean atau skor rata-rata sebesar 79,44 yang terletak pada interval 78-82 sedang kompeten. Sedangkan prestasi belajar peserta didik tergolong dalam kategori sangat istimewa, hal ini terbukti dari hasil analisis deskripsi variabel Y menurut persepsi peserta didik secara berturut-turut : rendah sebanyak 2,94%, baik sebanyak 25,00%, dan sangat istimewa sebanyak 10,29%. Sedangkan mean atau skor rata-rata sebesar 84,19 yang terletak pada interval 80-84 dalam kategori cukup. Ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik tentang pemberian tugas dengan prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Bhakti Praja Talang Tahun Pelajaran 2013/2014, hal ini dibuktikan dari hasil analisis statistik korelasi produc moment diperoleh rhitung sebesar 0,709 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 25 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,396 maka rxy > rtabel atau 0,709 > 0,396 yang berarti hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka disaranakan kepada Para guru di SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal wajib memiliki dan meningkatkan kualitas akademik khususnya kompetensi pedagogik dan memiliki kemampuan untuk menunjukkan tujuan pendidikan nasional. Karena hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan prestasi belajar peserta didik.
01210500017 | DAN h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain