Skripsi
PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUANBERKOMUNIKASI PESERTA DIDIKKELAS VII EXCELENTMADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MODEL BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Penelitianinidilatarbelakangioleh kurangnya pengaruh kemampuan berkomunikasi siswa yaitu ditandai dengan kurangnya komunikasi antar siswa di sekolah, kurang pengetahuan, pemahaman dan wawasan dalam berkomunikasi.
Permasalahandalampenelitianiniadalahbagaimanakah pelaksanaan sebelum dan setelah konseling kelompok, kemampuan berkomunikasi siswa MTsN Model Brebes tahun pelajaran 2013/2014?Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruh konseling kelompok terhadap kemampuan berkomunikasi siswa MTsN Model Brebes tahun pelajaran 2013/2014.
Jenispenelitianinikuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelasVII Excelent MTsN Model Brebes tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 23siswa. Sampel yang diambiladalah 10siswadenganmenggunakanteknikpurposive sampling.Data dalampenelitianinidiperolehmelaluiinstrumentpenelitianskalakemampuan berkomunikasidenganempatalternatifjawaban.Metodedalampenelitianinimenggunakandesainpra-eksperimentaldenganjenisdesainOne group pretest-posttest design.Teknikanalisisstatisticmenggunakanrumusujit.
Berdasarkanperhitunganuji t diperolehhasilthitung = 4,21. Selanjutnyadikonsultasikandengantabelpadatarafsignifikan5% dengandb = 8yaitusebesar2,306 ,makathitung>ttabel. Dengandemikiankoefisienthitungsebesaradalahsignifikanpadatarafsignifikan 5%.Atasdasarperhitungantersebutmakahipotesis yang berbunyi “ada pengaruh konseling kelompok terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas VII Excelent MTsN Model Brebes tahun pelajaran 2013/2014” diterima pada taraf signifikan 5%.
Perlakuankonselingkelompokmemberikanefek yang positifkepadasiswauntukmeningkatkankemampuan berkomunikasinya, halinidibuktikandengan rata-rata skorpencapaiansebelumdansetelahadanyaperlakuankonselingkelompok, haliniditunjukkanolehskorrsebelumperlakuandiperoleh rata-rata 50,9sedangkanskor rata-rata setelahperlakuanmencapai78,8berartiadapeningkatansebesar27,9.
Saran yang dapatpenelitisampaikanhendaknya Guru pembimbing agar lebihmengefektifkanbimbingandankonseling, khususnyakonselingkelompokuntukmembantumeningkatkankemampuan berkomunikasisiswa.
Kata kunci: PengaruhKonselingKelompok, Kemampuan BerkomunikasiSiswa
01110500069 | HEN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain