Skripsi
PENGARUH LAYANAN PEER COUNSELING TERHADAP TINGKAT ASSERTIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Layanan Peer Counseling, Tingkat Assertivitas
Layanan peer counseling sebagai media yang tepat dalam pemberian bantuan pada teman sebaya dalam meningkatkan assertivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan peer counseling terhadap tingkat assertivitas peserta didik kelas X.
Populasi yang digunakan yaitu peserta didik dengan jumlah 154 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling. Dari populasi diambil 30 peserta didik sebagai sampel. Variabelnya adalah layanan peer counseling (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan tingkat assertivitas (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penghitungan analisis data layanan peer counseling diperoleh kategori rendah sekali sebanyak 8 peserta didik (27%), kategori rendah sebanyak 1 peserta didik (3 %), kategori sedang sebanyak 1 peserta didik (3 %), kategori cukup 3 peserta didik (10 %), kategori tinggi 12 peserta didik (40%), kategori tinggi sekali 5 peserta didik (17%). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa layanan peer counseling termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan tingkat assertivitas kategori rendah sekali sebanyak 3 peserta didik (10%), kategori rendah sebanyak 6 peserta didik (20%), kategori sedang 0 peserta didik (0%), kategori cukup 4 peserta didik (13%), kategori tinggi 12 peserta didik (40%), dan kategori tinggi sekali 5 peserta didik (17%). Kondisi tersebut menunjukkan tingkat assertivitas termasuk dalam kategori tinggi.
Hasil analisis data, diperoleh rhitung = 0,460 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk N = 30 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,361, maka dalam penelitian ini hasilnya yaitu rhitung > rtabel yaitu 0,460 > 0,361 yang berarti kerja (Ha) dinyatakan diterima, yaitu ada pengaruh layanan peer counseling terhadap tingkat assertivitas peserta didik Kelas X di SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Disarankan bagi sekolah agar mampu menyediakan fasilitas untuk pelaksanaan pemberian layanan peer counseling karena dapat meningkatkan assertivitas peserta didik. Bagi guru BK untuk dapat memanfaatkan layanan peer counselling dengan baik. Bagi peserta didik dapat memanfaatkan kegiatan layanan peer counseling agar dapat mengarahkan peserta didik untuk memiliki assertivitas yang positif.
01110500181 | AZM p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain