Skripsi
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Analisis Deskriptif Terhadap Peserta Didik Kelas X)
Kata Kunci : Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi adalah seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 160 peserta didik, dan sampel ditetapkan sebesar 24 peserta didik sebagai responden. Tehnik pengambilan sampel dengan cara stratiefied random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama, sedangkan metode wawancara dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Dan tehnik analisis data menggunakan product moment dan deskriptif persentase.
Pada variabel pehatian orang tua, terbukti dari hasil penelitian pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 berkriteria “Tinggi”. Dan pada variabel prestasi belajar, terbukti dari hasil penelitian pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014 berkriteria “Tinggi”.
Hasil analisis data, ditemukan rhitung sebesar 0,790. Nilai hitung tersebut dikonsultasikan pada rtabel, N = 24 harga kritik r product moment taraf signifikan 5% diperoleh 0,404. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,790 > 0,404, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan “ Tidak ada pengaruh secara signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014” ditolak dan menerima hipotesis kerja (Ha) “Ada pengaruh secara signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014”
Selain itu ditemukan juga tingkat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestai belajar dalam kriteria tinggi, distribusi frekuensi pengaruh perhatain orang tua sebesar 37,50% berada dalam kategori tinggi, dan prestasi belajar distribusi frekuensi sebesar 41,67% berada dalam kriteria tinggi. Saran yang direkomendasikan adalah bagi guru pembimbing diharapkan dapat memberikan arahan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar.
01110500107 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain