Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENERIMAAN DIRI (SELF ACCEPTANCE) Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Penerimaan Diri (Self - Acceptance)
Penerimaan diri (self acceptance) adalah kemauan yang melekat pada individu untuk mengakui dan menerima diri apa adanya, dimulai dari proses mengetahui kelebihan/kekurangan pada dirinya, sehingga individu memiliki penghargaan yang tinggi, dan tidak bersikap merendahkan terhadap diri sendiri. Layanan bimbingan kelompok di pandang mampu meningkatkan penerimaan diri peserta didik. Masalah yang muncul apakah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap penerimaan diri (self acceptance) peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap penerimaan diri (self acceptance) peserta didik. Populasi penelitian berjumlah 160 peserta didik. Pengambilan sampel dengan teknik proportional sample terdata 30 peserta didik sebagai sampel. Variabelnya adalah layanan bimbingan kelompok (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan penerimaan diri (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif Persentase, Pearson Product Moment dan Koefesiensi Determinan.
Berdasarkan hasil penghitungan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam kriteria cukup baik sebanyak 16 peserta didik (53,3%), tingkat penerimaan diri peserta didik sudah cukup baik sebanyak 15 peserta didik (50%). Dari hasil analisis data diketahui rhitung = 0,678, rtabel untuk n = 30 pada taraf signifikasi 5% = 0,361. Maka rhitung > r tabel yaitu 0,678 > 0,361 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dan besar kontribusinya adalah sebesar 45,96% sedangkan 54,03% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh yang Signifikan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penerimaan Diri (Self Acceptance) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Saran bagi sekolah yaitu memberikan kontribusi dalam mengetahui karakteristik penerimaan diri peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok. Bagi konselor diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya layanan bimbingan kelompok. Dan bagi peserta didik diharapkan dapat mengetahui manfaat, tujuan dan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah.
01110500248 | RIR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain