Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENGEMBANGAN KONSEP DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Kata Kunci : Layanan bimbingan kelompok, Konsep diri
Di SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang masih ada peserta didik yang mempunyai konsep diri yang belum positif, ini ditandai dengan masih adanya peserta didik yang memiliki perasaan rendah diri, pesimis, merasa tidak memiliki kemampuan apa-apa, dan sebagainya. Asumsi yang dipakai dalam penelitian ini adalah bahwa peserta didik pada usia remaja mencapai taraf perkembangan pribadi yang optimal dan salah satu penentu dalam keberhasilan perkembangan adalah konsep diri. Oleh sebab itu konsep diri peserta didik perlu dibentuk dan diarahkan agar tidak terjadi penyimpangan didalamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2013/2014 melalui layanan bimbingan kelompok.
Sebagai populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 272. Pengambilan sampel menggunkan teknik cluster quota random sampling yaitu 12% dari populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dengan rumus Korelasi Product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisa data menggunakan deskriptif prosentase dan uji perbedaan (t-test).
Simpulan yang didapat ialah konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok diperoleh prosentase terbanyak 28,571% dalam kategori sedang. Sedangkan konsep diri setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok diperoleh prosentase terbanyak 54,28% dalam kategori baik. Perbedaan konsep diri sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok berdasarkan hasil uji hipotesis ini diperoleh t_hitung= 8,202 sedangkan hasil t_tabel = 2,727. Dengan demikian, koefisien t_hitung > t_tabel maka bimbingan kelompok efektif dalam pengembangan konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti berharap pihak sekolah dan guru pembimbing lebih banyak merencanakan pemberian layanan bimbingan kelompok guna mengembangkan konsep diri agar lebih baik lagi, dan memotivasi peserta didik agar mampu lebih antusias dalam mengikuti bimbingan kelompok.
0110500209 | UNI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain