Skripsi
PERAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Bimbingan Sosial, Penyesuaian Diri
Rumusan masalah dalam penelitian ini : bagaimanakah peran layanan bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan sosial peserta didik, Mendeskripsikan penyesuaian diri peserta didik, Untuk mengetahui peran layanan bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal yang berjumlah 337 peserta didik, menggunakan purposive sampling dan sampel adalah 20 dari seluruh populasi. Teknik pengumpulan data dengan angket, metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis koefisiensi korelasi Product Moment
Hasil penelitian mengenai peran bimbingan sosial menunjukkan kategori sangat rendah sebanyak 1 peserta didik (5%), kategori rendah sebanyak 3 peserta didik (15%), kategori sedang 3 peserta didik (15%), kategori baik sebanyak 6 peserta didik (30%), dan kategori sangat baik 7 peserta didik (35%). Sedangkan hasil penelitian mengenai penyesuaian diri peserta didik kategori sangat rendah sebanyak 4 peserta didik (20%), kategori rendah 6 peserta didik (30%), kategori cukup sebanyak 3 peserta didik (15%), kategori tinggi sebanyak 5 peserta didik (25%), dan kategori sangat tinggi sebanyak 2 peserta didik (10%).
Selanjutnya berdasarkan hasil analisis menggunakan perhitungan product moment, menunjukkan hasil (rxy) sebesar 0,529. Artinya rhitung lebih besar dari rtabel (0,369). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “ada peranan Bimbingan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014” , Diterima. Dan hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan “Tidak ada peranan bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014”, ditolak.
Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa layanan bimbingan sosial memiliki peranan terhadap penyesuaian diri peserta didik. Sehingga penulis menyarankan agar pelaksanaan layanan bimbingan sosial perlu ditingkatkan dan diberikan kepada peserta didik baik dalam forum diskusi kelompok maupun individu guna membantu peserta didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya dan teman – teman barunya.
01110500109 | LES p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain