Skripsi
PENGARUH KONSELING ISLAMI BERPENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP PENINGKATAN MORAL PESERTA DIDIK KELAS XI SMA LAB. SCHOOL PANCASAKTI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Konseling Islami Berpendekatan Humanistik, Peningkatan Moral
Konseling Islami berpendekatan humanistik sangat dibutuhkan dalam meningkatkan moral peserta didik. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh konseling Islami berpendekatan humanistik pada peserta didik kelas XI SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, bagaimana meningkatkan moral peserta didik kelas XI SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan konseling Islami berpandekatan humanistik pada peserta didik kelas XI SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. 2). Untuk mengetahui tingkat moral peserta didik kelas XI SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. 3). Untuk mengetahui pengaruh konseling Islami berpendekatan humanistik terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XI SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, yang berjumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas data menggunakan rumus spearman brown. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,828 jika disbanding dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 23 diperoleh nilai rtabel sebesar 0,413, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada pengaruh konseling Islami berpendekatan humanistik terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XI SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Peserta didik secara umum dapat dikatakan kurang baik karena dilihat dari analisis menunjukkan kriteria kurang baik sebanyak 12 peserta didik 51,17% untuk konseling Islami berpendekatan humanistik dan kriteria cukup baik sebanyak 13 peserta didik 56,52% untuk peningkatan moral.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh konseling islami berpendekatan humanistik terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XI SMA Lab. School Pancasakti Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
01110500163 | YOG p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain