Skripsi
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI LEMAH TERHADAP KECEMASAN RENCANA KARIR PENDIDIKAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : status sosial ekonomi, rencana karir pendidikan
Kecemasan merupakan bagian dari kehidupan manusia sehari-hari dan gejala yang sering dialami oleh individu. Tingkat kecemasan yang dialami setiap peserta didik salah satunya kecemasan rencana karir pendidikan kecemasan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya perekonomian keluarga yang menimbulkan kecemasan rencana karir pendidikan pada peserta didik. karena tidak dipungkiri lagi dalam hal ini untuk melanjutkan pendidikannya banyak ditentukan oleh kemampuan orang tua untuk membayar pendidikan anakanya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 400 peserta didik. Pengambilan sampel menggunkan cluster quota, teknik random sampling. Jumlah sampel yang diambil dari penelitian ini adalah sebanyak 45 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji validitas dengan rumus Korelasi Product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif prosentase, dan Korelasi Pearson Product Moment (PPM).
Hasil perhitungan tentang status sosial ekonomi keluarga peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 yaitu Berdasarkan analisis deskripsi variabel X, dapat diketahui bahwa status sosial ekonomi di SMK PGRI 3 Randudongkal tahun pelajaran 2013/2014 tergolong dalam kategori sedang. Tingkat kecemasan rencana karir pendidikan pada peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Randudongkal tergolong kategori cukup. Berdasarkan hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy > rtabel atau 0,561> 0,294 yang berarti “Ada pengaruh status sosial ekonomi lemah terhadap kecemasan rencana karir pendidikan pada peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Randudongkal tahun pelajaran 2013/2014”. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh status sosial ekonomi lemah terhadap kecemasan rencana karir pendidikan peserta didik, untuk itu diharapkan pihak sekolah dapat bertindak lebih aktif dan bekerja sama untuk meneliti kondisi ekonomi peserta didik untuk mengurangi kecemasan yang terjadi pada peserta didik.
01110500102 | MUN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain