Skripsi
PENGARUH LAYANAN PEER COUNSELINGBERPENDEKATAN REALITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Peer Counseling, Pendekatan Konseling Realitas, Pengungkapan Masalah.
Layanan Peer Counseling Berpendekatan Realitas merupakan kombinasi dari dua aspek yaitu teknik dan pendekatan konseling dengan dukungan teman sebaya dalam Pengungkapan Masalah Peserta Didik Kelas X. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan peer counseling berpendekatan realitas terhadap pengungkapan masalah peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.Populasi penelitian adalah 160, adapun sampel yang digunakan secara proporsional random sampling diperoleh 40 sampel, Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini adalah layanan peer counseling berpendekatan realitas (variabel bebas) dan pengungkapan masalah (variabel terikat). Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment. Berdasarkan Hasil try out menunjukkan bahwa seluruh item/butir angket yang berjumlah 20 adalah valid. Dikatakan valid karena r hitung> rtabel, sedangkan dikatakan tidak valid apabila hasil rhitung< rtabel. Berdasarkan hasil penelitian rhitung (korelasi rxy) sebesar 0.841 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 40 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,312 sehingga dengan demikian rhitung> r tabel (0,841> 0,312). Karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel, hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Layanan Peer Counseling Berpendekatan Realitas terhadap pengungkapan masalah Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan hipotesis nol (Ho) dinyatakan ditolak. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi wacana bagi sekolah untuk menerapkan kurikulum baru dalam program bimbingan dan konseling dalam rangka mengadakan Layanan Peer Counseling bagi peserta didik agar peserta didik dapat mengungkapkan setiap permasalahan yang sedang dihadapinya, meliputi masalah pribadi, sosial belajar dan karir, khususnya masalah pribadi yang kerapkali dapat menjadi pemicu terhambatnya proses perkembangan pada peserta didik hal ini bertujuan agar peserta didik menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengembangkan dirinya secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, karir melalui Layanan Peer Counseling Berpendekatan Realitas.
01110500019 | ANI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain