Skripsi
EFEKTIFITAS BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PENGEMBANGAN PERILAKU BERPIKIR SECARAPOSITIF DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TKR SMK PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Bimbingan Klasikal, Perilaku Berpikir Positif
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perilaku berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari peserta didik sebelum dan sesudah bimbingan klasikal. Selain itu, juga untuk mengetahui efektifitas bimbingan klasikal terhadap pengembangan perilaku berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan eksperimen pretes-postest kelompok tunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR SMK PGRI 1 Taman Pemalang berjumlah 118. Sampel diambil peserta didik yang berpikir positifnya rendah sebanyak 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test dan deskriptif persentase.
Berdasarkan hasil penghitungan pada pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 114,2 dengan persentase 78,8%. Sedangkan pada post-test diperoleh skor rata-rata 129,5 dengan persentase 89,3%. Terdapat peningkatan skor berpikir positif sebesar 15,3.Hasil perhitungan t-test diperoleh nilai thitung = 9,683, kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel = 2,042 yang diperoleh dari Db = 29 taraf signifikan 5%. Dari hasil penghitungan tersebut ternyata thitung > ttabel yaitu >2,042. Maka dapat disimpulkan bahwa Adanyaefektifitas bimbingan klasikal terhadap pengembangan perilaku berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik kelas XI TKR SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Simpulan hasil penelitian ini adalahadanyaefektifitas bimbingan klasikal terhadap pengembangan perilaku berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik.
Saran yang dapat disampaikan adalah guru pembimbing diharap dapat meningkatkan layanan berupa informasi melalui bimbingan klasikal agar perilaku peserta didik yang berpikir positifnya rendah dapat teratasi dengan maksimal.
01110500071 | ILA | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain