Skripsi
PENGARUH KONFORMITAS DALAM PEER GROUP TERHADAP TAWURAN ANTAR PELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Pengaruh, konformitas dalam peer group, tawuran antar pelajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya bentuk kenakalan remaja yang akhir-akhir ini sering terjadi, diantaranya perkelahian massal atau yang popular dikalangan pelajar disebut dengan istilah tawuran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tingkat konformitas dalam peer group 2) tingkat tawuran antar peserta didik, dan 3) pengaruh konformitas dalam peer group terhadap tawuran antar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 meliputi 8 kelas berjumlah 322 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling diperoleh sampel sebanyak 32 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan konformitas dalam peer group peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal tergolong dalam kategori rendah (31,25%) pada interval skor 39-43 sebanyak 10 responden. Sedangkan tingkat tawuran antar pelajaran pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal tergolong dalam kategori rendah (28,13%) pada interval 70-73 sebanyak 9 responden. Analisis statistik korelasi product moment diperoleh rxy = 0,513 untuk n = 32 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,349, maka rxy > rtabel atau 0,513 > 0,349 yang berarti Ho dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan konformitas dalam peer group terhadap tawuran antar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014. Besarnya pengaruh konformitas dalam peer group terhadap tawuran antar peserta didik adalah 26,32% sedangkan 73,68% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti seperti pola asuh orang tua, emosional dan kedisiplinan peserta didik
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan dapat menciptakan suasana harmonis di kalangan peserta didik dan selalu memberikan bimbingan tentang dampak negatif dari adanya tawuran. Untuk peserta didik diharapkan tidak membeda-bedakan dalam berhubungan dengan teman di sekolah sehingga konformitas dalam peer group dalam lingkungan sekolah tidak berdampak negatif tetapi berdampak negatif guna memotivasi peserta didik dalam belajar.
01109501299 | SIG p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain