Skripsi
EFEKTIFITAS PENDEKATAN TRAIT AND FACTOR TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 03 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Pendekatan Trait and Factor.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 03 Wanasari Kabupaten Brebes, yang mengalami masalah berkomunikasi khususnya komunikasi interpersonal dengan peserta didik yang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling berpendekatan trait and factor. Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan komunikasi interpersonal antara sebelum dan sesudah mendapat layanan konseling berpendekatan trait and factor. Untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan layanan konseling berpendekatan trait and factor.
Populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 03 Wanasari Kabupaten Brebes dalam penelitian sebanyak 242 peserta didik, dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 10% dari tiap-tiap kelas dengan jumlah 27 peserta didik. Dengan penetapan teknik sampling cluster quota random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu pendekatan trait and factor sebagai variabel bebas dan komunikasi interpersonal sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, sedangkan untuk menguji instrumen penelitian menggunakan uji validitas korelasi product moment dan uji reliabilitas sperman brown. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji perbedaan dengan menggunakan T-test.
Hasil penelitian menunjukkan komunikasi interpersonal peserta didik sebelum mendapat layanan konseling berpendekatan trait and factor dalam kategori rendah, (44,44%) pada angket pre-test. Komunikasi interpersonal peserta didik sesudah mendapat layanan konseling berpendekatan trait and factor dalam kategori sedang, (33,33%) pada angket post-test. Dan pelaksanaan layanan konseling berpendekatan trait and factor dalam kategori tinggi, (48,14%) pada angket layanan konseling berpendekatan trait and factor. Hasil perhitungan Uji-t diperoleh thitung = 4,321 dan ttabel dengan dk = 26, pada taraf signifikansi 5% didapat ttabel = 2,056 yang berarti thitung lebih besar dari ttabel.
Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan layanan konseling berpendekatan trait and factor dapat menghasilkan perubahan yang nyata pada peserta didik. Dari hasil penelitian dapat diketahui terdapat perbedaan antara tingkat komunikasi interpersonal sebelum mendapat treatment dan setelah mendapat treatment. Dalam penelitian ini pelaksanaan layanan konseling berpendekatan trait and factor sangat efektif terhadap komunikasi interpersonal pada peserta didik. Disarankan pada peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan berkomunikasi dan meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal. Kepada pihak sekolah dan guru hendaknya dapat lebih memperhatikan dan mengarahkan peserta didik dalam mengembangkan komunikasi interpersonal pada peserta didik
01110500061 | FAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain