Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Bimbingan Klasikal, Perilaku Sosial.
Perilaku sosial merupakan bentuk perilaku yang dapat memberikan nilai positif pada peserta didik, tapi pada kenyataannya seringkali ditemukan banyak perilaku peserta didik yang masih rendah sehingga penerapan nilai perilaku tidak sesuai dengan norma-norma di masyarakat, maka perlu adanya upaya dalam mengatasi masalah tersebut salah satunya melalui bimbingan klasikal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh bimbingan klasikal terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan perilaku sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah dilakukan layanan bimbingan klasikal.
Penelitian memiliki dua variabel yaitu bimbingan klasikal dan perilaku sosial dengan populasi penelitian berjumlah 252 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan jumlah sampel sebanyak 35 peserta didik yang didapat melalui teknik Proportional random sampling artinya pengambilan sampel dari populasi dilakukan menggunakan teknik kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi. Analisis data penelitian diproses dengan menggunakan rumus uji-t.
Hasil analisis data melalui deskriptif prosentase terhadap perilaku sosial peserta didik setelah dilakukan bimbingan klasikal diperoleh kategori sangat rendah sebanyak 5 peserta didik (14,28%), kategori rendah sebanyak 4 peserta didik (11,43%), kategori sedang sebanyak 8 peserta didik (22,86%), kategori cukup sebanyak 8 peserta didik (22,86%), kategori tinggi sebanyak 9 peserta didik (25,71%), dan kategori sangat tinggi sebanyak 1 peserta didik (2,86%). Kondisi ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku sosial melalui bimbingan klasikal dalam kategori tinggi. Dari data tersebut diperoleh thitung 7,72 > dari ttabel yakni 2,042 maka dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Simpulan yang dapat diambil bahwa ada pengaruh bimbingan klasikal terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran yang disampaikan diharapkan guru pembimbing dapat melaksanakan bimbingan klasikal sebagai upaya peningkatan perilaku sosial peserta didik, begitu juga dengan para orang tua diharapkan dapat memberikan arahan serta membimbing tentang pentingnya perilaku sosial untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik.
01110500097 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain