Skripsi
PERAN KONSELING INDIVIDUAL MELALUI CYBER COUNSELING UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH PRIBADI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 TUKDANA INDRAMAYU TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Peran, konseling individual, cyber counseling dan masalah pribadi peserta didik.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berkembangnya teknologi informasi pada saat ini telah menggeser definisi konseling yang telah ada, konseling saat ini telah berkembang dengan mempergunakan piranti elektronik yang berbasis internet yaitu cyber counseling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pelaksanaan konseling individual melalui cyber counseling, 2) tingkat penyelesaian masalah pribadi peserta didik, dan 3) peran konseling individual melalui cyber counseling untuk menyelesaikan masalah pribadi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tukdana Indramayu tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tukdana Indramayu tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 152 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 23 peserta didik yang mempunyai masalah pribadi. Data dikumpulkan menggunakan angket (kuesioner), wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil analisis, diketahui pelaksanaan konseling individual melalui cyber counseling di SMA Negeri 1 Tukdana Indramayu tahun pelajaran 2013/2014 tergolong dalam kategori cukup (43,48%) pada interval skor 59-62 sebanyak 10 responden dan Tingkat penyelesaian masalah pribadi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tukdana Indramayu tahun pelajaran 2013/2014 tergolong dalam kategori tinggi (34,78%) pada interval skor 69-71 sebanyak 8 responden. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan statistik korelasi product moment diperoleh rxy = 0,645 setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 23 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,413, maka rxy > rtabel atau 0,645 > 0,413 yang berarti Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peran positif konseling individual melalui cyber counseling dalam menyelesaikan masalah pribadi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tukdana Indramayu tahun pelajaran 2013/2014.
Saran yang dapat penulis sampaikan diharapkan guru pembimbing lebih mengoptimalkan layanan melalui cyber counseling dengan adanya sosialisasi dan penyediaan blog khusus BK sekolah serta penguasaan komputer dan internet untuk guru pembimbing dan pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi layanan cyber counseling dengan perangkat computer dan jaringan internet yang memadai.
01109501301 | SUH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain