Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. ASY – SYAFI’IYYAH JATIBARANG BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Metode Demonstrasi, Peningkatan Kedisiplinan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap kedisiplinan peserta didik. Salah satu alternativ yang dilakukan untuk mengembangkan sikap kedisiplinan pada peserta didik adalah bimbingan kelompok dengan metode demonstrasi terhadap peningkatan sikap kedisiplinan peserta didik.
Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah layanan bimbingan kelompok dengan metode demonstrasi berpengaruh dalam peningkatan sikap kedisiplinan peserta didik kelas VIII MTs. Asy-Syafi’Iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2013/2014?
Populasi penelitian ini adalah 364 peserta didik dengan sampel berjumlah 10 peserta didik dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk uji validitas dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Sperman Brown. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis t-test.
Sikap kedisiplinan sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok dengan metode demonstrasi pada peserta didik dalam kriteria buruk (50%) sebanyak 5 peserta didik, kriteria sedang (30%) sebanyak 3 peserta didik, kriteria baik (10%) sebanyak 1 peserta didik, kriteria baik (10%) sebanyak 1 peserta didik. Kondisi tersebut menunjukan bahwa sikap kedisiplinan sebelum layanan bimbingan kelompok dengan metode demonstrasi dalam kriteria buruk. Sedangkan sikap kedisiplinan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan metode demonstrasi pada peserta didik dalam kriteria buruk (10%) sebanyak 1 peserta didik, kriteria sedang (0%), kriteria baik (70%) sebanyak 7 peserta didik, dan kriteria sangat baik (20%) sebanyak 2 peserta didik. Kondisi tersebut menunjukan bahwa sikap kedisiplinan setelah layanan bimbingan kelompok dengan metode demonstrasi dalam kriteria baik.
Dari data tersebut diperoleh thitung = 9,494 jika dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 10-1 = 9 dimana diperoleh ttabel = 2,262 ternyata thitung = 9,494 > ttabel = 2,262 yang berarti hipotesis nihil (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (HA) diterima.
01110500182 | IND p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain