Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA KARYA SASTRA DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI LIRIK PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
Kata Kunci : Kebiasaan Membaca Karya Sastra, Berpikir Kreatif, dan Kemampuan Menulis Puisi Lirik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meyakinkan pengaruh yang lebih kuat diantara faktor kebiasaan membaca karya sastra dan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis puisi lirik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data kemampuan menulis puisi lirik yang dilihat dari faktor kebiasaan membaca karya sastra dan berpikir kreatif dalam peserta didik SMP Kelas VIII.Sampel diambil dari populasi yang berdistribusi normal. Jadi, sampel penelitian berjumlah 40 responden yang diambil dari dua sekolah. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian didapatkan bahwa, secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca karya sastra terhadap kemampuan menulis puisi lirik pada peserta didik dengan tingkat pengaruhnya sebesar 26,01%. Hal ini ditunjukkan dengan uji t hitung sebesar 3,63 lebih besar dari t tabel 1,68. Kemudian ada pengaruh yang signifikan antara berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis puisi lirik dengan tingkat pengaruhnya sebesar 36%. Hal ini ditunjukkan dengan uji t hitung sebesar 4,62 lebih besar dari t tabel 1,68. Selain itu, ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama kedua variabel kebiasaan membaca karya sastra dan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis puisi lirik. Hal iniditunjukkan dengan uji F hitung sebesar 175,24 lebih besar dari F tabel 3,26. Berdasarkan analisis tersebut, faktor yang lebih signifikan berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi lirik adalah berpikir kreatif dengan taraf signifikan sebesar 36%.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan intensitas membaca karya sastra agar pengetahuan dan pengalaman semakin luas sebagai bekal dalam melahirkan dan mengembangkan ide kreatif ketika menulis puisi. Fasilitas perpustakaan sebaiknya menyediakan beragam koleksi buku sastra agar menarik minat baca peserta didik dalam rangka apresiasi karya sastra. Selain itu, peserta didik teruslah mengasah dan menggali ide kreativitas di bidang menulis atau mengarang sehinngga menjadi pelajar yang produktif dalam melahirkan beragam karya sastra.
01510500072 | MIK p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain