Skripsi
PEMANFAATAN TIPE PARAGRAF DALAM PENGEMBANGAN TOPIK PADA NOVEL NEY KARYA HADI S. KHULI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA
Kata Kunci: Novel, Tipe Paragraf, Pembelajaran Apresiasi Sastra
Novel adalah sebuah karya fiksi yang menawarkan sebuah dunia yang berisi model kehidupan yang ideal. Tipe paragraf adalah adalah cara atau model dalam membuat sebuah paragraf yang berisikan sebuah cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tipe-tipe paragraf yang terdapat pada novel Ney karya Hadi S. Khuli; (2) Mendeskripsikan pengembangan topik dengan pemanfaatan tipe paragraf yang terdapat pada novel Ney karya Hadi S. Khuli; (3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian pembelajaran apresiasi sastra.
Metode yang digunakan ialah deskripsi analisis, yaitu menganalisis data kemudian mendeskripsikannya secara verbal. Sumber data dalam penelitian ini adah novel Ney karya Hadi S. Khuli terbitan tahun 2012, sedangkan wujud datanya berupa penggalan paragraf yang mengandung tipe paragraf dalam pengembangan topik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka dan baca-catat.
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan tipe paragraf dalam pengembangan topik pada novel Ney karya Hadi S. Khuli yang diimplikasikan terhadap pembelajaran apresiasi sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sebuah novel akan tersusun dari beberapa bab. Pada umumnya setiap bab memiliki sebuah subtopik, namun pada kenyataannya ada sebuah subtopik yang diuraikan dalam dua bab. Bab yang memilki subtopik utuh ada 34 bab, sedangkan bab yang memilki subtopik tidak uttuh ada 8 bab. Dalam novel ini juga teradapat bab yang sejajar dan tidak sejajar. Pada bab yang sejajar menggunakan tipe paragraf dengan paragraf utama dapat berada di awal, akhir, awal dan akhir, dan tengah. Bab yang menggunkan paragraf utama berada di awal ada 2 bab, paragraf utama berada di akhir ada 1 bab, paragraf utama berada di tengah ada 32 bab, sedangkan untuk bab yang menggunakan paragraf utama berada di awal dan akhir tidak ada. Pada bab yang tidak sejajar ada 8 bab yang menggunakan tipe paragraf dengan paragraf utama berada di awal bab yang pertama. Berdasarkan hasil penelitian novel Ney karya Hadi S. Khuli dapat berimplikasi dengan pembelajaran apresiasi sastra dalam mengapresiasi sebuah novel berdasarkan kemampuan bahasa.
01510500055 | UCI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain