Skripsi
PERJUANGAN MENGGAPAI CITA-CITA DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata Kunci : perjuangan, menggapai cita-cita, implikasi pembelajaran sastra.
Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah tokoh dan penokohan dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata? 2) Bagaimana perjuangan menggapai cita-cita para tokoh dalam novel Laskar Pelangi? 3) Bagaimana implikasi Pembelajaran perjuangan menggapai cita-cita dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dalam pembelajaran sastra di SMA? Sesuai dengan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Tokoh dan Penokohan dalam novel Laskar Pelangi 2) Mendeskripsikan perjuangan Menggapai Cita-cita dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata 3) Implikasinya bagi pembelajaran sastra di SMA.
Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Laskar Pelangi. Wujud data dalam penelitian ini berupa cuplikan/penggalan wacana yang Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis dengan metode informal yaitu menyajikan data secara deskriptif
Berdasarkan hasil penelitian perjuangan menggapai cita-cita yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi meliputi: 1) Tokoh dan penokohan yang terdiri dari Tokoh Utama, Tokoh Tambahan, Tokoh Protagonis atau Antagonis, Tokoh Sederhana atau Bulat, Tokoh Statis dan Tokoh Berkembang, serta Tokoh Tipikal. 2) Perjuangan menggapai cita-cita dalam novel Laskar Pelangi terdiri dari Perjuangan dalam keluarga yang terdiri dari 10 kutipan, Perjuangan Sosial dalam Masyarakat yang terdiri dari 8 kutipan, Perjuangan dalam Agama yang terdiri dari 8 kutipan dan Perjuangan dalam Pendidikan terdiri dari 9 kutipan. Wujud perjuangan yang di sampaikan tercermin melalui tokoh-tokoh yang ada dalam novel tersebut, berupa perjuangan dan cita-cita para tokoh yang belum tercapai. 3) Implikasi bagi pembelajaran sastra di SMA.
Dengan demikian, saran yang ada dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata dapat dijadikan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran sastra di SMA. Selain itu, wujud perjuangan menggapai cita-cita dalam novel tersebut juga baik untuk diajarkan pada anak-anak didik karena isi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat.
01510500007 | ALF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain