Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK MEMBACA RETENSI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII DI MTs. MUHAMMADIYAH 02 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: teknik membaca retensi, cerita pendek
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran memahami cerita pendek dengan teknik membaca retensi dan mendeskripsikan keefektifan teknik membaca retensi dalam meningkatkan pemahaman cerita pendek akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan bagi siswa dan guru.
Subjek penelitian ini adalah MTs. Muhammadiyah 02 Pemalang dengan jumlah sampel 90 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes. Teknik pengambilan sampel dapat dilakukan dengan undian. Pengambilan sampel secara acak atau random sampling. Hasil nilai dari kelas kontrol dan kelas eksperimen dihitung dengan uji t-non independen dan uji t independen.
Teknik membaca retensi digunakan dalam kelas eksperimen. Proses dalam membaca cerita pendek dengan teknik retensi ada lima langkah, yaitu repetisi, diskusi, menulis informasi, menggunakan informasi, dan tes. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut dilakukan tes tertulis tentang unsur instrinsik. Hasil penelitian diperoleh dari perhitungan uji t-non independen dan uji t independen. Hasil perhitungan uji t-non independen pada kelas kontrol, yaitu 9,620 karena thitung ˃ ttabel distribusi (9,620 ˃ 2,02). Hasil perhitungan uji t-non independen pada kelas eksperimen, yaitu 9,834 karena thitung ˃ ttabel distribusi (9,834 ˃ 2,02). Hasil perhitungan pengujian kelompok tersebut dengan uji t independen, yaitu 32,30. Dengan demikian, thitung (32,30) ˃ ttabel (2,02). Artinya, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kelas eksperimen pun mengalami hasil nilai akhir yang baik dengan nilai rata-rata, yaitu 80. Kelas kontrol dengan nilai rata-rata, yaitu 68.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik membaca retensi dalam pemahaman membaca cerita pendek efektif pada siswa kelas VII di MTs. Muhammadiyah 02 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran dalam penelitian ini, yaitu perangkat pembelajaran disiapkan ketika akan melakukan pembelajaran, pemilihan teknik dan metode untuk meningkatkan pemahaman siswa, dan dsiperlukan peneliti lain untuk membahas tentang teknik membaca retensi dalam pemahaman cerita pendek.
01510500053 | IND k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain