Skripsi
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP
Kata kunci : Nilai Karakter, Novel, Implikasi
Perasalahan yang muncul dalam penelitian berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Anak Sejuta Bintang perlu dirumuskan dengan jelas. Permasalahan yang penulis kaji, yaitu (1) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral? (2) Bagaimanakah implikasi pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral? Berlandaskan dari rumusan masalah, penulis bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral, (2) Mendiskripsikan implikasi pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral.
Sumber data dalam penelitian ini, yaitu novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral dengan tebal 405 halaman diterbitkan pada Februari 2012 di Jakarta. Wujud data dalam penelitian ini, yaitu berupa cuplikan atau petikan kalimat atau paragraf dalam novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral yang memiliki nilai pendidikan karakter.
Penulis menggunakan metode kualitatif dalam melakukan penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik penyediaan data dengan studi pustaka. Tujuan penulis menggunakan studi pustaka dalam penyediaan data yaitu untuk mencari informasi dan menambah wawasan serta agar mampu menjawab permasalahan penelitian. Teknik analisis menggunakan analisis data. Penulis menganalisis data yang terdapat dalam novel berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Penulis menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut yaitu nilai-nilai karakter manusia yang berhubungan dengan Tuhan, diri-sendiri, sesama, lingkungan, dan kebangsaan. Novel ini mempunyai implikasai positif terhadap pembelajaran di SMP karena terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang baik untuk ditanamkan kepada peserta didik.
01510500009 | ALI n C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain