Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI HEURISTIK TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (studi eksperimen pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP PGRI 5 Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : keefektifan, strategipembelajaranheuristik, minat belajar matematika, prestasi belajar matematika.
Tujuanpenelitianiniuntukmembuktikan : apakah strategi pembelajaran heuristik lebih efektif dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori terhadap minat dan prestasi belajar matematika di SMP PGRI 5 Petarukan TahunPelajaran 2013/2014 PadaMateri Himpunan.
Populasidalampenelitianiniadalahpesertadidikkelas VII SMP PGRI 5 Petarukan TahunPelajaran 2013/2014. Pengambilansampelmenggunakancluster random sampling. Variabelbebasdalampenelitianiniadalah strategi pembelajaran yang meliputi strategi ekspositori dan strategi Heuristik, sedangkanvariabel terikatnyaadalahminatdanprestasibelajarmatematikapesertadidikkelas VII SMP PGRI 5 Petarukan Tahun Pelajaran 2013/2014.Metodepengumpulan data dengandokumentasi untuk mengambil data nilai Ujian Akhir Semester I, angket untuk mengambil data minat belajar siswa,dantes untuk mengambil data tentang prestasi belajar peserta didik setelah proses pembelajaran.Instrumenpenelitianberupaangketberbentukrating scaleterdiridari 15 butirpernyataan yangtelahdiujivaliditasdanreliabilitasnyasertatesdalambentukpillihangandasebanyak 20 soal yang telahdiujivaliditas, reliabilitas, dayapembeda,dantingkatkesukaransoal. Analisa data menggunakanAnalisisRagam Multivariate SatuArah (One-way - MANOVA) kemudiandilanjutkandenganmenggunakanT2-Hotelling.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa : strategi pembelajaran Heuristik lebih efektif dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori terhadap minat dan prestasi belajar matematika di SMP PGRI 5 Petarukan TahunPelajaran 2013/2014 PadaMateri Himpunan.
01709501190 | ARY k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain