Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFULL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok)
Kata kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran Meaningfull Instructional Design, Prestasi Belajar Matematika .
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Meaningfull Instructional Design dengan model pembelajaran Ekspositori. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Meaningfull Instructional Design lebih efektif dari model pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Petarukan tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 309 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 114 siswa terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas VIII E (kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran Meaningfull Instructional Design sebanyak 40 siswa, kelas VIII G (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran Ekspositori sebanyak 40 siswa, dan kelas VIII F (kelas uji coba instrumen) sebanyak 37 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t pihak kanan. Sebelumnya data diuji prasyarat dengan uji liliefors dan uji bartlett.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Petarukan tahun pelajaran 2013/2014 antara kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Meaningfull Instructional Design dengan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori karena thitung = 18,69441 > ttabel = 1,995. (2) Model pembelajaran Meaningfull Instructional Design lebih efektif dari model pembelajaran Ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Petarukan tahun pelajaran 2013/2014 karena thitung = 18,69441 > ttabel = 1,661.
01710500102 | WIN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain