Skripsi
KORELASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Pemalang Kabupaten Pemalang pada Materi Pokok Bangun Ruang Kubus
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran CIRC, Soal Cerita, Prestasi Belajar.
Penelitian ini adalah bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan komunikasi terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, (2) mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dan (3) mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah secara serempak terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pemalang. Jumlah populasi sebanyak 302 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak berdasarkan pada kelas. Jumlah sampel adalah 187 peserta didik, sampel terdiri dari 1 kelas ujicoba dan 4 kelas ekperimen. tiap kelas eksperimen diberi perlakuan yang sama yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi dan tes validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier ganda, sebelumnya data diuji dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas.
Hasil dari perhitungan data dapat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Ŷ = 16,2612 + 0,1742X1 + 0,5177X2. Dimana hubungan kemampuan komunikasinya sebesar 0,3653 atau 13,341%. Untuk hubungan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,664 atau 44,146%. Sedangkan untuk hubungan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika sebesar 0,3824 atau 14,626%.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa adanya hubungan yang positif dari kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Oleh sebab itu dalam pembelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok, guru disarankan menggunakan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
01710500091 | WAH k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain