Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL ASESMEN PORTOFOLIOTERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKADITINJAU DARIKEMAMPUAN AWAL SISWA (Penelitian pada Kelas VII Semester II SMP N 1 Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Keefektifan, ModelAsesmen Portofolio, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diberikan model asesmen portofolio dengan model asesmen biasa yang mempunyai kemampuan awal tinggi, (2) Ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diberikan model asesmen portofolio dengan model asesmen biasa yang mempunyai kemampuan awal rendah, (3) Manakah yang lebih efektif antara model asesmen portofolio dengan model asesmen biasa.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII Semester II SMP N 1 Bumijawa Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunkan cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 3 kelas yang berjumlah 96 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model asesmen portofolio, variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP N 1 Bumijawa, serta terdapat variabel pengiring yaitu kemampuan awal. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi (Rancangan Acak Lengkap), dan dilanjutkan dengan menggunakan uji Benferoni, yang sebelumnya telah diuji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Lilifors dan Bartlet.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diberikan model asesmen portofolio dengan model asesmen biasa yang mempunyai kemampuan awal tinggi, (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diberikan model asesmen portofolio dengan model asesmen biasa yang mempunyai kemampuan awal rendah, (3) Model asesmen portofolio lebih efektif dibandingkan dengan model asesmen biasa.
01710500044 | IKE k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain