Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN RUANG DIMENSI TIGA (Studi Eksperimen Dengan Variabel Kovarian Kemampuan Awal Pada Peserta Didik Kelas X Semester 2 MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Probing Prompting, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran probing prompting dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X semester 2 MAN Tegal pokok bahasan ruang dimensi tiga Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunkan cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 3 kelas yaitu sebagai kelas uji coba, kelas probing prompting, dan kelas ekspositori dengan jumlah 31 peserta didik untuk masing-masing kelas. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran probing prompting, variabel terikat adalah prestasi belajar matematika peserta didik kelas X MAN Kota Tegal, serta terdapat variabel kovarian yaitu kemampuan awal (IQ). Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji Anakova.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan mengontrol kemampuan awal model pembelajaran probing prompting lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada peserta didik kelas X semester 2 MAN kota tegal pokok bahasan ruang dimensi tiga tahun pelajaran 2013/2014.
01710500107 | SRI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain