Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANACTIVE KNOWLEDGE SHARING BAERDASARKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 12 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Active Knowledge Sharing , Keaktifan, Prestasi
Model konvensional pada hakekatnya adalah proses belajar mengajar yang menerapkan cara biasa. Model pembelajaran active knowledge sharing lebih berorientasi pada keaktifan berpikir peserta didik dan memberikan kesempatan untuk menciptakan kreativitas peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan :1) adanya perbedaan prestasi belajar matematika kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing lebih baik dari kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing lebih baik dengan model pembelajran konvesional, 3) peserta didik yang mempunyai keaktifan tinggi,sedang,rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 12 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2104.
Popolasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Pelajran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran active knowledge sharing dan model pembelajaran konvensional, variabel terikatnya adalah prestasi belajar maemetika ,sedangkan variabel moderatornya adalah keaktifan peserta didik. Tes Uji isnstrumen dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang telah diuji validitas, realibilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran soal. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji t dua pihak dan uji t pihak kanan, yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian diperoleh, bahwa 1) ada perbedaan prestasi belajar matematika kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing lebih baik dari kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing lebih baik dengan model pembelajran konvesional, 3) Peserta didik yang mempunyai keaktifan tinggi,sedang,rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran active knowledge sharing lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 12 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2104
01710500103 | MUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain