Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Suatu Penelitian Pada Materi Pokok Bilangan Bulat Peserta Didik Kelas XI Semester I SMA NU 01 Wahid Hasim Talang Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci : Keefektifan, Kooperatif Jigsaw, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar Matematika peserta didik kelas XI pada materi pokok Bilangan Bulat yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (2) Untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara model pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Bilangan Bulat Peserta Didik Kelas XI Semester I SMA NU 01 Wahid Hasim Talang Tahun Pelajaran 2013/2014 jika dibandingkan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Pada penelitian ini populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI Semester I SMA NU 01 Wahid Hasim Talang Tahun Pelajaran 2013/2014, sebanyak 228 dari 6 kelas. Kemudian diambil sampel secara cluster random sampling dan menghasilkan kes XI B dan XI D sebagai experiment serta XI A dan XI C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda yang terlebih dahulu diuji cobakan pada kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Analisis uji Uji-t diperoleh thitung= 3,42. Nilai ttabel dengan dk=153 pada taraf signifikansi 5/2% didapat ttabel = -1,96 dan 1,96. Karena thitung tidak terletak diantara –ttabel= -1,96 dan ttabel = 1,96 maka Ho ditolak dan menerima Ha yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Nilai thitung = 3,42. Kemudian nilai thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 153 dan α = 5/2% maka didapat t(0,05)(153) = 1,645. Karena thitung= 3,42 >ttabel = 1,645 maka Ho ditolak. Dengan terlebih dahulu data diuji prasyarat menggunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas XI Semester I SMA NU 01 Wahid Hasim Talang Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi pokok bilangan Bulat yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan (2) Model pembelajaran Kooperatif Jigsaw lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Bilangan Bulat Peserta Didik Kelas XI Semester I SMA NU 01 Wahid Hasim Talang Tahun Pelajaran 2013/2014.
01709501188 | GUN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain