Skripsi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DENGAN METODE TEKA TEKI SILANG DI MTs DARUL ULUM TONJONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Hasil Belajar,IPS, Media Pembelajaran, Teka Teki Silang (TTS)
Penelitian ini dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTS Darul Ulum Tonjong yang berjumlah 31 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data observasi siswa dan nilai pra-test dan post-test siklus I dan siklus II. Data aktifitas siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisa secara deskriptif dengan memaparkan presentase kegiatan pembelajaran di kelas. Data hasil belajar di ambil dengan pre-test dan post-test siklus I dansiklus II kemudian ditabulasikan dalam rata-rata kelas.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Dengan Metode Permainan TTS di MTS Darul Ulum Tonjong-Brebes selama ini masih kurang dari 60% siswa dapat mencapai KKM. Berdasarkan keadaan tersebut, guru melakukan upaya agar hasil belajar siswa dapat meningkat, yaitu dengan melakukan tindakan berupa penggunaan media Teka Teki Silang (TTS) dalam kegiatan pembelajaran, sebagai media siswa dalam mengerjakan latihan soal-soal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test dan non-test, dan lembar pengamatan baik oleh guru terhadap siswa maupun terhadap guru oleh kolaborator. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII setelah diadakan tindakan, bila dibandingkan dengan hasil belajar sebelum diadakan tindakan.
Hasil dari penggunaan media pembelajaran dengan Teka Teki Silang (TTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTS Darul Ulum Tonjong-Brebes. Karena melalui media TTS sebagai sarana dalam mengerjakan latihan soal-soal, siswa berusaha akan menemukan jawaban soal-soal dalam mengisi TTS, sehingga siswa akan mudah memahami materi pelajaran. Mereka tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran dan akan lebih mudah mengingat meteri yang telah dipelajari.
01311510021 | NUR m C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain