Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle), Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model learning cycle untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Al-irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 118 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X Mia 1 sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mia 2 sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata prestasi belajar antara model learning cycle dengan metode ceramah yang diselingi diskusi yang berpusat pada guru.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa thitung = 3,670 dan ttabel sebesar = 2,667. Sehinggah hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima yang berarti “model pembelajaran learning cycle efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Al-irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014”.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis sarankan agar guru perlu memberikan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan model pembelajaran siklus (learning cycle) dalam proses belajar mengajar yang diharapkan membuat siswa selalu aktif belajar dengan melakukan berbagai kegiatan untuk menguasai bahan pelajaran sepenuhnya.
01310500074 | RUS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain