Skripsi
KOMPETENSI GURU DALAM RANGKA MENCAPAI MUTU PENDIDIKAN BERDASAR UU RI NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN DI SMK BAHARI KOTA TEGAL TAHUN 2014
Kata kunci : Kompetensi, Pendidikan.
Berdasar kenyataan dilapangan tampak bahwa guru memiliki peran penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas pengajaran yang dilaksanakan sehingga pada akhirnya berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru yang mampu melaksanakan perannya sesuai tuntutan ialah seorang guru yang memiliki kompetensi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru di SMK BAHARI KOTA TEGAL Tahun 2014 sesuai dengan UU RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mencapai mutu pendidikan di SMK BAHARI KOTA TEGAL Tahun 2014.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK BAHARI KOTA TEGAL Tahun 2014 sebanyak 43 orang sebagai subyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, dokumen, dan wawancara dengan alat bantu berupa kuesioner. Tehnik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment yang kemudian hasil jawaban subyek penelitian tersebut di masukkan dalam perhitungan Deskriptif Prosentase.
Dari hasil analisis data diketahui kompetensi guru di SMK BAHARI KOTA TEGAL dalam kriteria baik (B) yaitu 26 orang (39,54%), yang telah di tinjau berdasar UU RI No. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Dimana guru SMK BAHARI KOTA TEGAL telah memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional sebagai bagian upaya peningkatan mutu pendidikan.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini diantaranya adalah agar semua guru tetap menyadari kompetensi mereka serta dari kekurangan yang dimiliki agar meningkatkan kompetensi profesionalnya. Hendaknya sekolah dan institusi pendidikan guru mengadakan studi yang lebih dalam dari berbagai sumber dengan maksud meningkatkan kompetensi guru secara lebih baik dan jelas. Studi ini di pandang perlu guna menyusun program belajar yang perlu disediakan untuk mengembangkan kompetensi – kompetensi tersebut.
01210500131 | LES k C1 | Tersedia | |
12105001310 | LES k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain