Skripsi
PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MEMBENTUK SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci: Peran, Guru, Nasionalisme.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya era globalisasi saat ini, membuat lunturnya Nasionalisme pada generasi muda, banyak pemuda yang menyukai budaya asing dari pada budaya sendiri, termasuk SMA Negeri 4 Kota Tegal masih ada peserta didik yang kurang memiliki sikap Nasionalisme terlihat saat upacara bendera beberapa peserta didik kurang khikmat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peranan guru PPKn dalam membentuk sikap Nasionalisme?, (2) Bagaimana sikap Nasionalisme pada peserta didik?, (3) Bagaimana kendala yang dihadapi guru PPKn dalam menanamkan sikap Nasionalisme pada peserta didik?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana peranan guru PPKn dalam membentuk sikap Nasionalisme pada peserta didik. (2) Untuk mengetahui bagaimana sikap Nasionalisme pada peserta didik. (3) Untuk mengetahui bagaimana kendala yang dihadapi guru PPKn dalam menanamkan sikap Nasionalisme pada peserta didik.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PPKn yang berjumlah 2 orang dan peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal yang berjumlah 129 siswa yang terbagi dalam 4 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel 15 siswa. Sampel yang di ambil menggunakan purposive sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan guru PPKn dalam membentuk sikap Nasionalisme peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2013/2014 yaitu dengan menyisipkan nilai-nilai Nasionalisme dalam pelajaran PPKn, kemudian melalui pembiasaan dengan melaksanakan upacara bendera setiap hari senin maupun hari besar nasional, membiasakan siswa untuk menaati tata tertib, kemudian membiasakan salam sapa antar siswa dengan guru, kebiasaan bertutur kata dan sikap yang sopan dan santun dalam berperilaku, juga melalui keteladanan yaitu guru sebagai panutan di sekolah maupun di masyarakat harus dapat memberi contoh perilaku yang baik.
Saran yang di berikan dari penelitian ini adalah kepada guru PPKn agar dapat mengoptimalkan peranannya dalam membentuk sikap Nasionalisme peserta didik dan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai Nasionalisme dan mampu mengamalkannya.
01210500036 | YUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain