Skripsi
PENERAPAN PROBLEM SOLVING METHOD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMK NU 1 SLAWI TAHUN AJARAN 2013-2014 (Studi tentang pemecahan masalah)
Kata Kunci : Metode Problem Solving, Motivasi Belajar,Pembelajaran PPKN
Proses belajar mengajar merupakan suatu alat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Cara yang dipergunakan guru dalam proses belajar mengajar dalam menggunakan metode yang tepat akan menyajikan bahan pelajaran yang diinginkan oleh peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan metode problem solving dalam pembelajaran PPKN di SMK NU 1 Slawi tahun ajaran 2013-2014 ? (2) bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKN di SMK NU 1 Slawi tahun ajaran 2013-2014 ? (3) bagaimana pembelajaran menggunakan metode problem solving yang dapat meningkatkan motivasi belajar PPKN di SMK NU 1 Slawi tahun ajaran 2013-2014?
Penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan kesahihan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajagan pengamatan, dan triangulasi. Dan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode problem solving di SMK NU 1 Slawi tahun ajaran 2013-2014 sudah berjalan dengan baik, suasana belajar mengajar yang aktif tidak monoton . (2) motivasi belajar PPKN di SMK NU 1 Slawi tahun ajaran 2013-2014 meningkat, melihat dua komponen yang mendukung pada peserta didik dalam belajarnya. (3) pembelajaran meggunakan metode problem solving di SMK NU 1 Slawi tahun ajaran 2013-2014 menunjukan minat belajar yang lebih maksimal dengan mengukur cara berpikir peserta didik yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuanya sehingga tercapainya tujuan belajar.
Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat sehingga peserta didik mampu menjalin hubungan belajar yang memiliki interaksi baik antara guru dan peserta didik.
01210500079 | MUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain