Skripsi
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DI SMK NEGERI 2 ADIWERNA KELAS XII TAHUN AJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Nilai, Pancasila, Karakter
Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman dan penerapan nilai-nilai karakter maupun nilai-nilai Pancasila pada diri seorang anak. Melihat pentingnya penanaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai pembentukan karakter peserta didik pada saat proses pembelajaran PPKn lebih ditekankan pada keteladanan dan kebiasaan yang diajarkan oleh gurunya kepada anak didiknya.
Perumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasian Nilai-Nilai Pancasila sebagai dasar pembentukan karakter peserta didik di SMK Negeri 2 Adiwerna kelas XII Tahun Ajaran 2013/2014.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasian Nilai-Nilai Pancasila dalam rangka pembentukan karakter peserta didik dan untuk melihat bagaimana karakter peserta didik.
Teori yang dicantumkan dalam penelitian ini bahwa didalam nilai-nilai Pancasila terdapat nilai-nilai kerohaniaan, tetapi nilai-nilai kerohanian yang mengakui adanya nilai material dan nilai vital. Sedangkan pembentukan karakter peserta didik haruslah sesuai dengan karakter bangsa Indonesia yaitu Pancasila.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif rasionalistik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling dengan jumlah populasi 370 peserta didik, sempel yang diambil peneliti 12 peserta didik. Dan penggunaaan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan triangulasi, dan menggunakan bahan referensial. Serta teknik analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Simpulkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila yang dilakukan oleh guru PPKn kelas XII terhadap peserta didik kelas XII di SMK N 2 Adiwerna Tahun Ajaran 2013/2014 sudah sangat baik. Ini terbukti dengan guru tidak hanya menasehati peserta didik tentang nilai-nilai Pancasila, tetapi guru juga mencontohkan dan mengajak peserta didik untuk berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila Sedangkan karakter yang ditunjukan oleh peserta didik sudah sangat baik dan menunjukan karakter bangsa Indonesia.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah diharapkan baik guru maupun peserta didik untuk selalu menerapkan, membudayakan, dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan di sekolah maupun di masyarakat.
01210500103 | GAN i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain