Skripsi
PENGARUH BIAYA PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN CV. CIPTA BUDI KARTIKA
Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui pengaruh biaya personal selling terhadap volume penjualan pada CV. Cipta Budi Kartika.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, uji β, analisis koefisien korelasi, uji signifikansi koefisien korelasi dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil regresi linier sederhana antara personal selling dengan volume penjualan diperoleh persamaan Ŷ = 186.508.092,6 + 3,148 X. Nilai a (konstanta) sebesar 186.508.092,6 dapat diartikan bahwa jika tidak ada biaya personal selling maka volume penjualan sebesar Rp. 186.508.092,6. Sedangkan koefisien persamaan regresi sederhana biaya personal selling sebesar 3,148 dan bertanda positif, menyatakan bahwa setiap penambahan Rp. 1,- biaya personal selling diharapkan akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp. 3,148. Dari hasil perhitungan analisis persamaan regresi linier sederhana variabel personal selling terhadap volume penjualan didapat nilai standardized coefficient beta sebesar 0,840, dengan probabilitas nilai sig sebesar 0,000. Karena Nilai sig 0,000 < 0,05 dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara personal selling terhadap volume penjualan. Nilai standardized coefficients beta sebesar 0,840 berarti personal selling mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap volume penjualan dengan signifikasi sebesar 84%. Dari hasil perhitungan diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,705 atau sebesar 70,5 %. Ini berarti bahwa meningkatnya atau menurunnya volume penjualan pada 70,5 % dapat dijelaskan oleh personal selling melalui hubungan persamaan linier sederhana Ŷ = 186.508.092,6 + 3,148 X, sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak bisa dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi personal selling dengan volume penjualan didapat diketahui korelasi sebesar 0,840 artinya hubungan antara personal selling dengan volume penjualan tergolong sangat kuat. Berdasarkan hasil uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,005 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara personal selling dengan volume penjualan.
Kata Kunci : Biaya Personal Selling, Volume Penjualan
04107502670 | FIR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain