Skripsi
PENGARUH VARIABEL TEGANGAN BATERAI PADA PEMASANGAN ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR TIPE INDUKSI MAGNET TERHADAP TORSI DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MESIN BENSIN 4 LANGKAH
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan tegangan baterai pada alat pembangkit medan magnet induksi yang terpasang pada saluran masuk bahan bakar terhadap Torsi, Daya dan Komsumsi Bahan Bakar yang dihasilkan pada kendaraan bermotor.
Medan magnet yang dihasilkan oleh alat penghemat bahan bakar tipe induksi magnet yang terpasang pada saluran masuk bahan bakar dengan variasai tegangan 6 volt, 8 volt, 10 volt dan 12 volt penghasil induksi medan magnet.Untuk mengetahui perubahan Torsi, Daya tertinggi dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik yang lebih sedikit/efisien pengujian ini dilakukan pada putaran mesin mulai dari 4000 rpm sampai 9000 rpm dengan pertambahan putaran kelipatan 500 rpm.
Data hasil penelitian di uji dengan analisis varian dengan nilai signifikansi 5%. Pengaruh perubahan Torsi, Daya tertinggi dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik yang paling sedikit/efisien pada tegangan 6 Volt yang masing – masing 10.36%, 5.12%, dan 10.20% terhadap nilai setandar dengan nilai F hitung < F table pada masing – masing putaran mesin. Torsi tertinggi pada putaran mesin 4500 rpm, Daya tertinggi pada putaran mesin 6500 rpm dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik yang paling sedikit/efisien pada putaran 6000 rpm.
Kata Kunci : Variasi Tegangan, Medan Magnet, Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar
06410500003 | GOF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain