Skripsi
PEMAHAMAN KEMERDEKAAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci :Pemahaman Kemerdekaan, Proses Pembelajaran PKn
Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi peserta didik dalam rangka memahami makna kemerdekaan pada peserta didik. Melihat pentingnya pemahaman kemerdekaan pada peserta didik melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan lebih ditekankan pada keteladanan dankebiasaan yang diajarkan oleh gurunya kepada anak didiknya.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman kemerdekaan dan kendala yang dihadapi dalam memahami makna kemerdekaan.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman kemerdekaan pada peserta didik dan mengetahui kendala yang dihadapi peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 Taman Pemalang dalam memahami makna kemerdekaan.
Responden dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, kepala sekolah dan peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 245 peserta didik, dan orang tua peserta didik, sedangkan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 15 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan respon den menggunakan purposive sampling. Adapun penggunaaan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, pengecekan anggota dan ketercukupan referensial. Sedangkan teknik analisis data seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pemahaman kemerdekaan pada peserta didik melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 sudah cukup baik. Hal ini terbukti peserta didik dapat mendeskripsikan makna kemerdekaan. Sedangkan kendala pada pemahaman kemerdekaan seperti alokasi waktu pelajaran PKn yang terbatas, jumlah peserta didik kelas XI yang satu kelasnya terlalu banyak, dan sikap kurang seriusnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah diharapkan baik guru maupun peserta didik untuk selalu menerapkan, membudayakan, dan makna kemerdekaan pada kehidupan di sekolah maupun di masyarakat.
01210500123 | ARI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain