Skripsi
NILAI PERSAHABATAN DALAM NOVEL CIRENG FOREFER KARYA HARIS FIRMANSYAH DAN FUNNY TEAM SERTA IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata Kunci: nilai, persahabatan, novel, implikasi, dan pembelajaran sastra.
Rumusan masalah penelitian adalah 1) bagaimana tokoh dan penokohan dalam Novel Cireng Forefer karya Haris Firmansyah dan Funny Team; 2) bagaimanakah nilai persahabatan antartokoh dalam Novel Cireng Forefer karya Haris Firmansyah dan Funny Team; dan 3) bagaimanakah implikasi nilai persahabatan dalam Novel Cireng Forefer karya Haris Firmansyah dan Funny Team terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan tokoh dan penokohan dalam Novel Cireng Forefer karya Haris Firmansyah dan Funny Team; 2) mendeskripsikan nilai persahabatan antara Tajudin dan Nadia dalam Novel Cireng Forefer karya Haris Firmansyah dan Funny Team; dan 3) menganalisis nilai persahabatan dalam Novel Cireng Forefer karya Haris Firmansyah dan Funny Team dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Sumber data penelitian ini adalah Novel Cireng Forefer karya Haris Firmansyah dan Funny Team. Wujud data dalam penelitian ini berupa cuplikan paragraf dalam wacana yang mengandung makna nilai persahabatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif, yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan nilai-nilai persahabatan yang terkandung dalam Novel Cireng Forefer karya Haris Firmansyah dan Funny Team dan Funny Team.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap novel Cireng Forefer Karya Haris Firmansyah dan Funny Team, tokoh dan penokohan terdiri dari tokoh utama yaitu Tajudin dan Nadia sedangkan tokoh bawaannya yaitu Pak Solat, Bu Entin, Bu Asti, Bu Sasmita, Hannah, Bu Meggy. Nilai persahabatan dalam novel Cireng Forefer Karya Haris Firmansyah dan Funny Team diperoleh data keseluruhan ada 54 kutipan, yang terdiri dari: Nilai persahabatan berupa support (ingin yang terbaik bagi satu sama lain) ada 12 kutipan dengan persentase 21,82%; Nilai persahabatan berupa simpati dan empati ada 13 kutipan dengan persentase 23,64%; Nilai persahabatan berupa sukarela dan kejujuran ada 9 kutipan dengan persentase 16,36%; dan Nilai persahabatan berupa saling pengertian atau perhatian ada 21 kutipan dengan persentase 38,18%.
Saran yang dapat penulis sampaikan, dengan adanya kajian tentang nilai persahabatan kaitannya dengan pembelajaran sastra inilah suatu gambaran yang baik demi menunjang kreatifitas dalam pembelajaran sastra. Untuk itu, bagi peneliti-peneliti selanjutnya agar lebih termotivasi untuk meneliti hal yang lebih baik lagi guna meningkatkan kualitas dalam pembelajaran sastra.
01510500192 | BAR n C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain