Skripsi
EFEKTIFITAS KONSELING KELUARGA MELALUI SOSIODRAMA TERHADAPPENURUNAN KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI 1 TAMANKAB. PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Konseling Keluarga melalui Sosiodrama terhadapPenurunan Kenakalan Peserta didik.
Penelitian ini dilatar belakangi tentang pelaksanaan Konseling keluarga melalui sosiodrama yang belum berjalan efektif di sekolah-sekolah dan Kenakalan peserta didik di sekolah. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui ada tidaknya efektifitas yang signifikan Konseling Keluarga melalui Sosiodrama Terhadap Kenakalan Peserta didik Kelas X SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan, dokumentasi, dan angket, yang kemudian dianalisis menggunakan rumus deskriptif prosentase dan t-test. Jumlah populasi 124 peserta didik kelas X SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014, adapun sampel diambil sesuai kebutuhan peneliti dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dengan melihat data peserta didik dari Guru BK yang akan dijadikan sampel.
Hasil perhitungan analisis data penelitian di X SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 diperoleh r_(hitung ) sebesar 0,904 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai r_tabelpada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sampel N= 12 sebesar0,554. Jadi r_(hitung )>r_tabel atau 0,904> 0,554 hal ini menunjukkan bahwa ada efektifitas yang signifikan Konseling Keluarga melalui Sosiodrama Terhadap Kenakalan Peserta didik Kelas X SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Saran yang penulis ajukan pelaksanaan Konseling Keluarga melalui Sosiodrama perlu ditingkat kanlagi di kelas X SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang karena dengan berkurangnya kenakalan peserta didik maka akan dapat terciptakan kedisiplinan dan kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar.
01110500106 | HID e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain