Skripsi
PENGARUH KESTABILAN EMOSI TERHADAP KEMAMPUAN PENGENDALIAN DIRI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK MITRA KARYA MANDIRI KETANGGUNGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : kestabilan emosi, pengendalian diri.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kestabilan emosi peserta didik, 2) Untuk mengetahui kemampuan pengendalian diri, 3) Untuk mengetahui pengaruh kestabilan emosi terhadap kemampuan pengendalian diri.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Kelas X SMK Mitra Karya Mandiri Ketanggungan Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 213 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik purposive proporsional random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode teknik angket, teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi presentase, korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan Analisis deskriptif variabel kestabilan emosi diperoleh yang berkategori sangat kurang sebanyak 1 peserta didik (2,33%), kategori kurang sebanyak 4 peserta didik (9,30%), kategori sedang 11 peserta didik (25,58%), kategori cukup 14 peserta didik (32,56%), kategori baik 7 peserta didik (16,28%), dan kategori sangat baik 6 peserta didik (13,95%). Maka dapat disimpulkan bahwa analisis deskriptif varaibel kestabilan emosi di Kelas X kategori cukup yaitu sebesar 32,56%. analisis deskriptif variabel Kemampuan Pengendalian Diri diperoleh hasil yaitu yang berkategori sangat kurang sebanyak 1 peserta didik (2,33%), kategori kurang sebanyak 0 peserta didik (0%), kategori sedang 10 peserta didik (23,26%), kategori cukup 17 peserta didik (39,53%), kategori baik 12 peserta didik (27,91%), dan kategori sangat baik 3 peserta didik (6,98%). pengendalian diri di Kelas X kategori cukup yaitu sebesar 39,53%. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi diperoleh hasil rhitung = 0,651. Jika koefisien rhitung = 0,651 tersebut kemudian dikonsultasikan pada rtabel untuk N = 43 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,301, dinyatakan diterima pada taraf signifikan 5%. uji koefisien determinasi sebesar 42,3% artinya pengaruh Kestabilan Emosi sebesar 42,3%, sedangkan sisanya sebesar 57,65 % yang mempengaruhi kemampuan pengendalian diri siswa dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian ini.
01110500255 | HAL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain