Skripsi
PERAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENETAPAN KARIR SESUAI JURUSAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Bimbingan kelompok dan penetapan karir
Rumusan masalah penelitian (1) bagaimanakah peran bimbingan kelompok dalam membantu penetapan karir pada peserta didik?, (2) bagamanakah penetapan karir peserta didik?, (3) bagaimanakah peran bimbingan kelompok dalam penetapan karir sesuai jurusan pada peserta didik kelas XI AK SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan peran bimbingan kelompok pada peserta didik, (2) mendeskripsikan penetapan karir sesuai jurusan pada peserta didik, (2) mendeskripsikan peran bimbingan kelompok dalam penetapan karir sesuai jurusan pada peserta didik kelas XI AK SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Uji prasyarat penelitian menggunakan validitas product moment dan reliabilitas alpha cronbach. Jumlah populasi 164 responden, sampel 42 responden. Analisis data menggunakan korelasi, dan deskriptif persentase.
Hasil penelitian adalah (1) Peran bimbingan kelompok, yang diberikan guru terhadap peserta didik kelas XI AK SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat direspon dengan baik. Terindikasi (1) 3 (7,14%) dari total 42 peserta didik memiliki respon terhadap Peran Bimbingan Kelompok kategori sangat rendah. 2 (4,76%) kategori rendah. 3 (7,14%) katagori sedang. 13 (30,95%) responden katagori Cukup. 14 (33,33%) responden dengan katagori Tinggi. Dan selebihnya 7 (16,67%) responden memiliki respon terhadap Peran Bimbingan Kelompok dengan kategori Sangat Tinggi. Penetapan karir sesuai jurusan (1) ada 1 (2,38%) peserta didik dari total 42 peserta didik dinyatakan memiliki respon terhadap penetapan karier dengan kategori sangat rendah. (2) ada 2 (4,76%) responden katagori rendah. (3) ada 2(4,76%) responden dengan katagori sedang. (4) ada 12 (28,57%) responden katagori Cukup. (5) ada 14 (33,33%) katagori Tinggi, dan (6) 11 (26,19%) responden memiliki respon terhadap penetapan karier dengan katagori Sangat Tinggi.
Hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0,612 dikonsultasikan dengan r tabel dengan N=42 taraf kebebasan (α) 0,05% = 0,304. Karena t hitung > t tabel yaitu 0,612 > 0,304 maka hipotesis penelitian yang menyatakan “ada peran bimbingan kelompok dalam penetapan karir sesuai jurusan pada peserta didik kelas XI AK SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014”, secara empiris terbukti kebenarannya.
01110500155 | WUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain