Skripsi
PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP TINGKAT AGRESIVITAS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUNPELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci :Game Online, Tingkat Agresivitas
Setiap orang memiliki tingkat agresivitas yang berbeda-beda baik perilaku agresif fisik maupun non fisik, demikian pula pada peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh game onlineterhadap tingkat agresivitas peserta didik.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Comal Pemalang yang berjumlah 356. Sampel diambil secara acak(random) peserta didik yang senang bermain game onlinesebanyak 43 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment,dalam variabel X terdapat 1 item tidak valid yakni item nomor 12 dengan hasil rhitung 0,345, dan dalam variabel Y terdapat 1 item tidak valid yakni item nomor 6 dengan hasil rhitung0,294 dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crounbach,dengan hasil untuk variabel X adalah 0,846 dinyatakan reliabel dan variabel Y adalah 0,878 dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment, deskriptif persentase dan analisis konstribusi.
Berdasarkan hasil penghitunganpada variabel X diperoleh skor 2370 dengan persentase 55%. SedangkanpadavariabelY diperoleh skor 2085 dengan persentase 48%.Hasil perhitungan korelasi Product Momentdiperoleh nilai rhitung sebesar 0,392. Nilai rhitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5%dengan N = 43dimana diperoleh rtabel = 0,304 ternyata rhitung = >rtabel= 0,304 yang berarti Hipotesis nihil yang nenyatakan menerima hipotesis alternatif yang berbunyi “AdanyaPengaruh yang positif dan signifikan Game OnlineTerhadap Tingkat Agresivitas Perserta Didik Kelas XI SMA N 1 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Simpulan hasil penelitian ini adalahadanyaPengaruh yang positif dan signifikan Game Online Terhadap Tingkat Agresivitas Perserta Didik .
Saran yang dapat disampaikan adalah guru pembimbing diharap dapat meningkatkan layanan baik berupa layanan bimbingan klasikal, individu maupun bimbingan kelompok agar peserta didik yang senang bermain game onlinedapat mengerti dampak dari bermain game onlinetersebut, sehingga dapat meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan dengan game online, terutama terhadap perilaku agresif yang dimiliki oleh peserta didik.
01110500035 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain