Skripsi
PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI DESA SISALAM KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda di Desa Sisalam Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada pengaruh yang signifikan citra merek terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda di Desa Sisalam Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi koefisien korelasi rank spearman dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman diperoleh nilai rs atau rsxy sebesar 0,712. Nilai rsxy sebesar 0,712 lalu diintepretasikan dengan tabel interpretasi nilai r berada pada interval 0,600 – 0,799. Hal itu artinya hubungan citra merek dengan loyalitas konsumen tergolong kuat. Uji signifikansi koefisen korelasi digunakan untuk menguji signifikansi hubungan citra merek dengan loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Signifikansi Koefisien Korelasi Rank Spearman diperoleh nilai sig (2 Tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2 Tailed) 0,000 yang diperoleh tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara citra merek dengan loyalitas konsumen. Dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa ”Ada Pengaruh yang Signifikan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Honda di Desa Sisalam Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes” terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 50,69% yang berarti 50,69% loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variabel citra merek, sedangkan 49,31% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini..
Kata Kunci : Citra merek, loyalitas konsumen.
04107502753 | SAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain