Skripsi
PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN TEGAL DENGAN BALANCED SCORECARD
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tegal dengan Balanced Scorecard.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah cara mengukur kinerja menggunakan Balanced Scorecard.
Kinerja PDAM Kabupaten Tegal dilihat dari perspektif keuangan dengan menggunakan instrumen rasio profitabilitas yang terdiri dari current ratio, return on investment, dan net profit margin. Dari perspektif keuangan ini secara umum PDAM Kabupaten Tegal sudah baik karena sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. Kinerja PDAM Kabupaten Tegal dilihat dari perspektif pelanggan dengan indikator kepuasan pelanggan dan akuisisi pelanggan dalam kategori baik. Hal ini, dapat dilihat dari tren yang semakin meningkat dilihat dari peningkatan jumlah pelanggan setiap tahun maupun dari kenaikan prosentase peningkatan akuisisi pelanggan. Kinerja PDAM Kabupaten Tegal dilihat dari perspektif internal bisnis dengan indikator inovasi dan operasi dapat dinilai baik. Untuk perspektif inovasi mempunyai skor kosong sedangkan untuk proses operasi mendapat nilai baik. Kinerja PDAM Kabupaten Tegal dilihat dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator kepuasan karyawan, retensi karyawan, produktivitas karyawan, dan employee training. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan PDAM Kabupaten Tegal sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari retensi karyawan dari tahun ketahun semakin menurun, hal ini menunjukkan bahwa PDAM Kabupaten Tegal semakin mampu untuk mempertahankan karyawannya. Program employee training juga selalu meningkat setiap tahunnya. Begitu pula dengan produktivitas karyawan yang dari tahun 2011 sampai tahun 2013 selalu meningkat. Hasil pengukuran kinerja secara keseluruhan dari PDAM Kabupaten Tegal terdapat pada daerah baik, dengan skor total 0,9. Artinya, Kinerja PDAM Kabupaten Tegal baik apabila diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard.
Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard
04310500018 | OKT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain