Skripsi
EFEKTIVITAS METODE TUTOR SEBAYA BERBANTU MEDIA TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Pemalang Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Efektivitas, Metode Tutor Sebaya, Media, Minat Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan : 1) adanya perbedaan minat belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode tutor sebaya berbantu media dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 2) adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode tutor sebaya berbantu media dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 3) metode tutor sebaya berbantu media lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika di SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Segitiga dan Segiempat.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode tutor sebaya berbantu media, sedangkan variabel terikatnya adalah minat dan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Pemalang. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian berupa angket berbentuk rating scale terdiri dari 25 butir pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta tes dalam bentuk pillihan ganda sebanyak 25 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Setelah data terkumpul, lalu dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat antara lain uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Ragam Multivariate Satu Arah (One-way - MANOVA) kemudian dilanjutkan dengan menggunakan T2-Hotelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) adanya perbedaan minat belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode tutor sebaya berbantu media dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 2) adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode tutor sebaya berbantu media dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 3) metode tutor sebaya berbentu media lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional.
01709501231 | KHO e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain