Skripsi
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBERIAN TUGAS RUMAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Pokok Kubus dan Balok)
Kata Kunci: Metode STAD dengan Pemberian Tugas, Kemampuan awal, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiadanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan metode STAD dengan pemberian tugas rumah dan metode ekspositori(1) ditinjau dari kemampuan awal; (2) untuk peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi; (3) untuk peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester 2 SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 yang sebanyak 253 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VIII C, kelas VIII D kelas eksperimen, kelas VIII E, kelas VIII H kelas kontrol, dan kelas VIII G kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes.Instrumen penelitian diuji coba dan analisis menggunakan Validitas dan Reliabilitas.Setelah dilakukan pengambilan sampel data diuji Normalitas dan Homogenitas.Teknik analisis data menggunakan uji anava Rancangan Acak Kelompok dilanjut uji dilanjut anava dengan uji Benferoni untuk mengetahui tingkat pengaruh perlakuan.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan Metode STAD dengan Pemberian Tugas Rumah dibandingkan Metode Ekspositori ditinjau dari kemampuan awal; (2) prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan Metode STAD dengan Pemberian Tugas Rumah lebih tinggi dibandingkan Metode Ekspositori untuk peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi; (3) prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan Metode STAD dengan Pemberian Tugas Rumah lebih tinggidibandingkan Metode Ekspositori untuk peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah.
01710500158 | KRI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain